logo dprd provinsi jawa barat
DPRD Jabar Apresiasi Capaian Tingkat Perlindungan Pekerja Kabupaten Indramayu 
Senin, 24 Oktober 2022
Berita DPRD
Bagikan Berita

Kab. Indramayu -- Anggota Pansus III DPRD Provinsi Jawa Barat Mochamad Ichsan mengatakan, pihaknya mengapresiasi capaian perlindungan tenaga kerja di Kabupaten Indramayu yang berada diatas rata - rata capaian kepesertaan di Jawa Barat. 

"Penerima upah sudah hingga 54 persen, yang bukan penerima upahnya sudah hampir 12 persen, lebih baik dari rata-rata capaian kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Jawa Barat", ucap Ichsan di sela kunjungan pansus di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Indramayu, Senin (24/10/2022). 

Ichsan menambahkan, sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2021 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, diharapkan seluruh penyelenggara pemerintahan bisa terlibat untuk mendukung perluasan kepesertaan jaminan sosial bagi seluruh pekerja. 

"Negara yang penyelenggaranya itu kan pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota sampai pemerintahan desa, Kolaborasi jadi kata kunci jangan sampai terkotak-kotak kewenangan tetapi semua harus terlibat", jelas Ichsan. 

Ichsan menekankan, bahwa Rancangan Peraturan Daerah tentang Penyelenggaraan Perlindungan Tenaga Kerja di Daerah Provinsi Jawa Barat melalui Jaminan Sosial Ketenagakerjaaan ini sangat penting untuk terjaminnya perlindungan sosial bagi pekerja bukan penerima upah atau pekerja informal serta memastikan pemberi kerja sektor formal memberikan program jaminan sosial kepada pekerjanya. 

"Peraturan Daerah (Perda) ini sangat penting nantinya agar pekerja formal maupun informal di Jawa Barat mempunyai perlindungan sosial, maka kita perlu masukan dari berbagai kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan agar raperda yang kita rumuskan itu raperda yang aplikatif", pungkas Ichsan.


Humas DPRD Jabar
Sekretaris DPRD Provinsi Jawa Barat
Dr. Hj. Ida Wahida Hidayati, SE. ., M.Si

Admin

icon tagTags