Dewan Perwakilan
Rakyat Daerah
Jawa Barat
dprdjabar
Berita Umum
Tradisi Adat Masyarakat Harus Diperkuat Oleh Nilai Kebangsaan
Rabu, 18 Mei 2022
foto
Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Dapil XII (Kabupaten, Kota Cirebon Dan Kabupaten Indramayu) Bambang Mudjiarto saat sosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan kepada masyarakat Desa Pangkalan, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon, (Humas DPRD Jabar/ Ariez RF)

Kabupaten Cirebon--- Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Dapil XII (Kabupaten, Kota Cirebon Dan Kabupaten Indramayu) Bambang Mudjiarto menilai masyarakat pedesaan secara umum masih memegang teguh prinsip dasar kehidupan berbangsa dan bernegara. 

Hal tersebut terlihat pada setiap kegiatan yang dilakukan dalam kesehariannya, diantaranya ada kebersamaan, kerukunan antar umat beragama, bergotong royong, toleransi beragama, kearifan lokal yang terasa di Desa Pangkalan, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon,

"Di Desa Pangkalan ini setiap tahun ada tradisi yang disebut mapag sri atau panen bumi kegiatan yang dilakukan berbagai unsur elemen masyarakat untuk sedekah bumi. Dan ini merupakan bagian dari kehidupan berbangsa dan bernegara," katanya dalam kegiatan 4 Pilar/Sketsa Kebangsaan di Kabupaten Cirebon, Rabu (18/5/2022).

Selain nuansa kebersamaan dan kegotong royongannya, Bambang menyebut, angka toleransi masyarakat di Jawa Barat yang terus meningkat harus diperkuat dengan pemahaman akan pentingnya 4 pilar kebangsaan bagi masyarakat.

Karena menurutnya, nilai soal berkehidupan inilah yang menjadi guru bagi masyarakat dalam bermasyarakat.

"Angka toleransinya yang sangat tinggi diharapkan membawa Jawa Barat menjadi provinsi yang angka toleransi meningkat. Melalui 4 pilar ini kita menguatkan semangat patriotik masyarakat pedesaan dalam cakupan kebhinekaan," pungkasnya.

Humas DPRD Jabar
Sekretaris DPRD Provinsi Jawa Barat
Dr. Hj. Ida Wahida Hidayati, SE. ., M.Si

Berita Terkait