Dewan Perwakilan
Rakyat Daerah
Jawa Barat
dprdjabar
Berita Umum
Hampir Rampung, Gedung Pusat Budaya Pagerageung Siap Dimanfaatkan 
Kamis, 13 Januari 2022
foto
Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat saat mengunjungi proyek pembangunan revitalisasi Gedung Pusat Kebudayaan Jawa Barat Wilayah Tasikmalaya. (Humas DPRD Jabar/ Dian Revino)

Kab. Tasikmalaya -- Pembangunan tahap satu Pusat Budaya Pageurageung di Kampung Balananjeur Kecamatan Pagerageung Kabupaten Tasikmalaya hampir rampung. 

Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat Tetep Abdulatip mengatakan pembangunan tahap satu meliputi gedung utama, gedung balai seni dan kerajinan serta amphiteater telah selesai dan siap dimanfaatkan. 

"Kita meninjau progress pembangunan dan Alhamdulillah nampaknya yang intinya telah selesai tinggal finishing", ujar Tetep saat meninjau progress pembangunan tahap satu Pusat Budaya Pageurageung, Kamis (13/12/2022). 

Tetep menambahkan pusat kebudayaan di lahan seluas 7.400 meter persegi ini sangat penting dan dinantikan oleh masyarakat . Ia berharap Gedung Pusat Budaya Pageurageung bisa segera dimanfaatkan. 

"Hadirnya Pusat Budaya Pageurageung ini bisa menjadi pusat pengembangan, pelestarian, riset hingga pendidikan budaya, mudah-mudahan segera dimanfaatkan", harap Tetep. 

Sementara itu Kepala Bidang Perumahan Dinas Perumahan dan Pemukiman Provinsi Jawa Barat Eko Damayanto mengatakan pembangunan tahap satu Pusat Budaya Pagerageung sudah hampir rampung dan segera bisa dimanfaatkan secara fungsional. 

"Ditahap satu ini gedung-gedung tersebut sudah bisa dimanfaatkan secara fungsional", ujar Eko 

Eko menambahkan dari total enam gedung, baru terbangun tiga gedung utama dan pada 2022 akan dilanjutkan berupa lansckape dan gedung tersisa. 

"Ditargetkan seluruh pembabgunan tahap satu dan dua selesai pada akhir tahun 2022", jelasnya. 

Secara utuh, Pusat Budaya Pagerageung ini dilengkapi dengan panggung terbuka, plaza penerima, area parkir, bangunan utama, bangunan souvenir kerajinan dan kuliner. 

Selain itu ada juga balai seni, saung riung, bangunan komunitas budaya, mushala, toilet dan area permainan, kolam bermain, ruang terbuka hijau dan plaza identitas kawasan. 

Humas DPRD Jabar
Sekretaris DPRD Provinsi Jawa Barat
Dr. Hj. Ida Wahida Hidayati, SE. SH., M.Si

Berita Terkait