Dewan Perwakilan
Rakyat Daerah
Jawa Barat
dprdjabar
Berita Umum
Dorong Pemekaran Desa di Jawa Barat
Sabtu, 17 September 2022
foto

Kab. Bogor -- Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Achmad Ru'yat mengatakan dirinya tengah mendorong pemekaran desa-desa di Jawa Barat. Hal tersebut karena dengan jumlah penduduk Jawa Barat yang mencapai 50 juta jiwa tidak sesuai dengan jumlahnya desanya yang berjumlah 5.000.

“Jadi ini menjadi bahan masukan bagi Jawa Barat terutama Gubernur dan DPRD karena Jawa barat dengan penduduk 50 juta, jumlah desa 5.000 ini sangat mendesak untuk melakukan kajian dan pemekaran,” ujar Achmad Ru’yat usai menggelar kegiatan Sosialisasi Sketsa Kebangsaan 4 Pilar, di Kabupaten Bogor, Sabtu (17/9/2022).

Lebih lanjut Achmad Ru'yat membandingkan, Jawa barat dengan Jawa tengah dan Jawa timur dengan jumlah desa 8.000 dengan jumlah penduduk sekitar 32 juta sehingga usulan yang mengemuka pemekaran desa ini sangat sejalan untuk mempercepat pelayanan kepada masyarakat.

“Selain itu pemekaran mempercepat pembangunan karena dengan jumlah desa seperti jawa tengah dan jawa timur itu 8.000 desa makanya anggaran desa juga akan lebih bermanfaat untuk desa, jadi ini harus ditindak lanjuti di pemgambilan kebijakan di tingkat provinsi, dan usulan ke instansi terkait,” katanya.

 

Humas DPRD Jabar
Sekretaris DPRD Provinsi Jawa Barat
Dr. Hj. Ida Wahida Hidayati, SE. ., M.Si

Berita Terkait