Pemilu 2019 DPRD Optimis Partisipasi Pemilih di Jabar Meningkat

Kamis, 18 April 2019

Pemilu 2019 DPRD Optimis Partisipasi Pemilih di Jabar Meningkat
Budi/dprdjabar

Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari optimis, tingkat partisipasi pemilih di Jawa Barat pada ajang Pilpres dan Pileg 2019 akan meningkat. Hal tersebut seiring dengan hasil Pilgub Tahun 2018 yang menunjukan partisipasi masyarakat Jabar sebesar 72%, sehingga Ineu percaya pada Pilpres dan Pileg kali ini target 80% partisipasi pemilih di Jabar  bukan hal yang mustahil akan terwujud.

“Kami berharap target pertisipasi pemilih bisa mencapai 80 persen atau dapat lebih, setelah sebelumnya pada Pilgub 2018 partisipasi masyarakat telah mencapai 72 persen. Kami berharap Jawa Barat dapat maksimal dan bisa menjadi provinsi dengan pertisipasi pemilih terbaik” ungkap Ineu kepada wartawan usai melakukan Video Conference antara Kemendagri dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat serta Pemerintah Kabupaten/Kota dalam rangka koordinasi pelaksanaan Pemilu Tahun 2019, Selasa (16/4/2019).

Ineu menjelaskan, dari hasil pemantauan DPRD Jabar di beberapa Kabupaten/Kota seluruhnya telah siap melaksanakan pemungutan suara. Ia menambahkan, pihaknya turun secara langsung untuk melihat pendistribusian persiapan Pilpres dan Pileg.

“Berdasarkan pemantauan kami, 27 kabupaten kota di Jawa Barat sudah siap. Kemarin kami sudah melakukan pemantauan di Kabupaten Subang, kami melihat kertas suara sudah mulai disalurkan dari kecamatan ke TPS” katanya.
  
“Kami pastikan hari ini seluruh kabupaten kota di Jawa Barat akan menyelesaikan pendistribusian persiapan Pilpres dan Pileg 2019 pada malam hari ini. Semoga proses tersebut dapat berjalan lancar, karena melihat situasi dan kondisi cuaca yang beberapa hari ini hujan, kami berharap pemerintah kabupaten kota bisa mengatasi permassalahan tersebut” ujarnya menambahkan.

Lebih lanjut Ineu pun mengajak, kepada seluruh masyarakat, peserta, dan penyelenggara pemilu untuk bersama-sama menjaga kondusifitas dan kelancaran momentum Pilpres dan Pileg Tahun 2019.

“Semenjak minggu tenang, sampai esok pada pelaksanaan pemungutan suara kami berharap seluruh masyarakat  bersama-sama para penyelenggara pemilu para calon presiden, DPR, DPD, dan DPRD Kabupaten/Kota menjaga pelaksanaan Pilpres dan Pileg ini dapat berjalan dengan lancar, kondusif, dan damai” katanya.

Ineu pun menghimbau, kepada masyarakat Jawa Barat tidak menggunakan tempat-tempat ibadah untuk memobilisasi massa karena dikhawatirkan dapat menimbulkan hal-hal yang dapat menggangu jalannya Pilpres dan Pileg.

“Sehingga kami berharap tidak ada mobilisasi massa pemilih, kemudian tidak ada penggunaan tempat-tempat ibadah dan tempat-tempat yang dilarang dalam aturan yang dilarang untuk berkumpul atau mobilisasi yang dikawatirkan dapat memancing kegelisahan serta ketidaknyamanan masyarakat. Tentunya pada pilpres dan pileg esok  harus berlangsung menyenangkan” ungkapnya.

Ia berharap, masyarakat Jawa Barat datang ke TPS dan dapat menyalurkan hak pilihnya dengan harapan partisipasi pemilih di Jawa Barat dapat terus meningkat. 

“Kami berharap pelaksanaan pemilu di Jawa Barat dapat berjalan lancar, masyarakat Jawa Barat tidak golput. Seluruh masyarakat bisa menyalurkan hak pilihnya dan kami berharap partisipasi pemilih di Jawa Barat akan meningkat pada Pemilu 2019” pungkasnya.

KATA KUNCI
BAGIKAN
BERI KOMENTAR