Panen Raya, DPRD Jabar Berharap Tidak Ada Impor Beras

Tanggal 16 Jan 2018 10:46 WIB
Ketua DPRD Prov Jabar, Ineu Purwadewi Sundari, S.Sos, MM

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat berharap tidak ada beras impor mengucur ke Jawa Barat sehingga menekan laju harga jual beras.

Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi mengatakan pihaknya berharap panen raya padi yang ditargetkan pada bulan Januari 2018 oleh Kementerian Pertanian (Kementan) diharapkan bisa menekan gejolak harga beras yang terus mengalami kenaikan.

"Kementan menyatakan akhir Januari panen raya padi, Insha Allah Januari ini, kita berharap panen raya padi ini jadi solusi terkait kenaikan harga beras beberapa hari ini," katanya, Senin (15/1/2018).

Dia menyakini panen raya padi di wilayah Jawa Barat tidak gagal agar bisa memenuhi kebutuhan padi untuk wilayah ini dan daerah lainnya.

"Kalau bisa sih jangan dulu sampai impor, ini kan sebentar lagi panen raya padi. Jangan sampai ketika panen (ada kebijakan impor) mempengaruhi ke harga beras yang nantinya malah akan turun," ujar dia.

Pihaknya berharap Pemprov Jawa Barat melalui OPD terkait seperti dinas pertanian bisa mengecek jelang persiapan panen raya padi agar tidak ada gagal panen.

"Selain itu, Pemprov Jabar juga harus bisa membina para petani supaya hasilnya bisa terdistribusi dengan baik sehingga bisa memenuhi kebutuhan pangan masyarakat Jawa Barat dan daerah lain, terlebih Jawa Barat dikenal sebagai salah satu daerah lumbung padi nasional," paparnya.

 

Bagikan
Berita Terkait
Pimpinan DPRD
Informasi Sekretariat
Agenda
Twitter
Facebook