Komisi V DPRD Jabar Dorong Optimalisasi Kegiatan di Anjungan Jabar TMII

Tanggal 27 Apr 2016 15:15 WIB
Kunjungan Komisi V DPRD Jabar Ke Balai Pengelolaan Anjungan Jawa Barat di TMII

Komisi V DPRD Jawa Barat mendorong peningkatan intensitas kegiatan yang mengedepankan khas Jawa Barat di Anjungan Jabar  Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Pasalnya, realisasi kegiatan ditahun 2015 lalu tidak terlihat signifikan. Terlebih, anggaran 2015 lebih fokus pada pembangunan fisik di area anjungan daripada kegiatan kebudayaan dan kesenian.

Menurut Ketua Rombongan Komisi V DPRD Jabar, KH. Chumaedi mengatakan, kegiatan yang berkaitan dengan kesenian khas Jawa Barat menjadi ujung tombak dalam memperkenalkan kepada masyarakat luas. Sehingga kebudayaan dan kesenian Jabar semakin dikenal luas bahkan hingga ke tingkat Internasional.

“Meskipun evaluasinya masih pertriwulan, kegiatan kesenian seharusnya menjadi ujung tombak dianjungan ini. Tujuannya untuk mendongkrak kepariwisataan di Jabar,” ujar Chumaedi di Anjungan TMII, Jakarta, Kamis (21/4/2016).

Dia menambahkan, penyerapan realisasi anggaran tahun 2015 baru dapat dievaluasi pada pertengahan tahun ini. Sebab, anggaran sebesar Rp1,6 Miliar masih relative kecil lantaran usulan berupa kegiatan-kegiatan selama setahun kedepan. Bukan tanpa sebab, anggaran sebagian besar teralokasikan untuk kegiatan PON ke XIX September mendatang.

“Sebenarnya banyak yang harus didorong untuk anjungan ini, namun karena PON semua pos anggaran tertunda untuk hajat besar bidang olahraga bertaraf nasional di Jabar ini,” ucapnya.

Di tambahkan Ikhwan Fauzi, kegiatan kesenian tidak hanya berupa kesenian maupun kebudayaannya saja. Tetapi untuk mendongkrak pengunjung  ke anjungan Jabar dapat menggunakan artis yang berasal dari Jabar untuk menggunakan anjungan sebagai arena berkesenian. Dengan begitu, juga dapat menghidupkan kehangatan kepada masyarakat Jabar yang berdomisili di ibu kota dengan mengunjungi Anjungan.

“Kenapa tidak misalnya mendatangkan artis terkenal untuk bernyanyi disini (anjungan-red), ini diharapkan dapat  mendongkrak pengunjunga juga,” ujar Ikhwan.

Sementara itu, Kepala Balai Pengelolaan Anjungan Jawa Barat di TMII, Ine Hermina mengatakan, kegiatan kesenian maupun kebudayaan masih menjadi corong utama bagi kegiatan di anjungan Jabar. Pasalnya, kegiatan itu menjadi daya tarik bagi pengunjung untuk mendatangi ke anjungan. Bahkan, selain kegiatan juga dibuka bagi masyarakat untuk menggunakan beberapa gedung di Anjungan Jabar untuk kegiatan lainnya seperti perpisahan maupunkegiatan lainnya.

“Untuk kegiatan kesenian setiap tahun kami usulkan, diluar itu, gedung disini juga terbuka untuk umun jika ada yang menggunakannya kami siap untuk memfasilitasi,” tandas Ine.     

Bagikan
Berita Terkait
Pimpinan DPRD
Informasi Sekretariat
Agenda
Twitter
Facebook