DPRD Jabar Gelar Hearing dengan SMA Al Ma'shum Mardiyah

Tanggal 08 Oct 2015 16:33 WIB
Hearing Dialog dengan SMA Terpadu Al Ma'shum Mardiyah di Lobby Ruang Sidang Paripurna DPRD Jabar

Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dan Sekretariat DPRD menggelar Hearing Dialog dengan puluhan siswa dari SMA Terpadu Al Ma’shum Mardiyah. Puluhan siswa tersebut mendapatkan pemaparan kegiatan anggota dewan dari Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Sekretariat DPRD Jabar, Nanang Syaefudin, S.Sos, M.Si.

Menurut dia, gelaran acara tersebut merupakan rangkaian kegiatan pembelajaran bagi siswa dan sosialisasi kegiatan DPRD Jabar. Selain itu juga menjadi pengetahuan dasar sebagai bagian dari masyarakat. Sehingga, hal itu menjadi sarana aspirasi dan kajian bagi DPRD Jabar.

“Kunjungan ini bukan hanya sekedar mengetahui bangunan secara fisik, tetapi juga mengetahui kinerja yang dilakukan anggota dewan,” ujar Nanang dalam sambutannya di Gedung DPRD Jabar, Jalan Diponegoro no.27, Kota Bandung, Kamis (8/10/2015).

Rombongan siswa juga mendapatkan pengarahan dan materi dari anggota dewan yang diwakili oleh Ketua Komisi V DPRD Jabar, Agus Welianto Santoso dan KH Chumaedi. Menurut Agus, sebagai generasi bangsa harus memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat dan cita-cita agar dapat memajukan daerahnya. Pun begitu dengan kegiatan yang dilakukan oleh anggota dewan dalam bekerja sehari-hari. Semata-mata bagaimana caranya untuk mensejahterakan masyarakat sesuai dengan fungsi dan peraturan yang telah diberlakukan. Fungsi DPRD terbagi dalam tiga fungsi yakni fungsi legislasi, penganggaran dan pengawasan. Penyusunan anggaran menjadi salah satu prioritas dalam menjalankan fungsi untuk mengelola dan mengalokasikan anggaran yang bersifat stimulan.

“Sehingga, bersama pemerintah daerah kami (DPRD-red) mengelola kegiatan pemerintahan agar berjalan dengan baik sesuai dengan tugas pokok dan fungsi,” ujar Agus.

Sementara itu, Ketua Rombongan SMA Al-Ma’shum Mardiyah, Arief mengatakan, kunjungan tersebut memang sangat dibutuhkan dalam memberikan wawasan kepada masyarakat khususnya bagi kalangan pelajar. Terlebih berkaitan dengan fungsi anggota dewan dalam menjalankan amanat rakyat Jabar. Selain itu, mahasiswa sebagai kalangan intelektulal harus mengetahui aktivitas pemerintahan di berbagai lingkungan termasuk di DPRD Jabar.

"Hearing Dialog ini menjadi hal positif bagi kalangan siswa, menciptakan bibit pemikir yang cerdas dengan mengetahui sebenarnya yang dikerjakan pemerintah itu bagaimana," ujar Arief.

Di tegaskan KH Chumaedi, sebagai generasi penerus bangsa harus memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat. Tentu hal itu untuk meregenerasi anggota dewan dan mengemban amanah masyarakat. Sebab, sebagai pelajar jangan sampai terpengaruh hal yang bersifat negative seperti yang menimpa sebagian besar kalangan pelajar. Terlebih dengan maraknya peredaran narkoba dan penggunanya kebanyakan pelajar.

“Kegiatan ini sangat positif bagi kalangan pelajar sesuai dengan materi pelajaran,” tambahnya.

Acara yang bertajuk hearing dialog tersebut bertemakan kedudukan DPRD sebagai lembaga politik rakyat daerah tersebut digelar di lobby Ruang Sidang Paripurna DPRD Jabar

Jalannya acara diwarnai dengan diskusi dan tanya jawab mengenai kewenangan dan kinerja anggota dewan dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagai wakil rakyat. Setelah mengetahui dari penjelasan Setwan saat diskusi, para mahasiswa mengetahui mekanisme yang harus dilewati sebelum pada realisasi anggaran.

Selain itu, acara tersebut turut didampingi kepala bagian sekretariat dewan yang terdiri dari Kepala Sub Bagian Humas Bidang Aspirasi, Drs Sudiana. Kepala Sub Bagian Publikasi dan Dokumentasi, Yusuf Indrawan.   

 

Bagikan
Berita Terkait
Pimpinan DPRD
Agenda
Kurs Valas
Mata Uang Jual (Rp) Beli (Rp) Tanggal
AUD 10.828 10.717 18 Ags 2017
BND 9.226 9.133 18 Ags 2017
CAD 10.582 10.472 18 Ags 2017
CNH 1.948 1.948 18 Ags 2017
CNY 1.872 1.854 18 Ags 2017
SAR 3.078 3.048 18 Ags 2017
SGD 9.226 9.133 18 Ags 2017
USD 11.544 11.430 18 Ags 2017
Sumber: Bank Indonesia