Komisi IV Tinjau Pengelolaan SPAM Desa di Kab. Karawang

Tanggal 20 May 2015 08:49 WIB
Pimpinan Komisi IV tinjau fasilitas SPAM di Karawang

Terkait dengan upaya penyediaan air bersih untuk masyarakat di Jawa Barat, Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat dipimpin Wakil Ketua Daddy Rohanady meninjau jaringan sistim penyediaan air minum (SPAM) yang bersumber dari air sungai Citarum di wilayah Kecamatan Ciampel Kabupaten Karawang (19/5).

Pada peninjauan yang juga didampingi  Irvan  Rusdiansyah dari Dinas Permukiman dan Perumahan Provinsi Jawa Barat, Komisi IV diterima dan mendapatkan penjelasan dari  Suharna petugas PDAM Tirta Arum Kab. Karawang, yang selama ini menjadi pengelola serta operasional distribusi air di wilayah Kab. Karawang.

“ Tahun 2015  ini kami sudah bisa melayani 1954 konsumen  dengan tarif dasar duaribu tujuh ratus rupiah per meter kubik. Pada awalnya di tahun 2011 kami hanya melayani 618 konsumen, setiap tahun kami juga ada penambahan harga sehingga saat ini masyarakat kurang lebih membayar lima puluh enam ribu ruiah per meter kubik,” demikian dijelaskan Suharna.

Menurut Suharna ketika  menanggapi pertanyaan dari Daddy,  untuk instalasi penyaringan air berasal dari bantuan APBN, sementara bantuan dari APBD Provinsi adalah untuk jaringan pipanisasi, PDAM hanya selaku operatornya. Namun demikian Suharna juga menjelaskan bahwa masyarakat selama ini membayar iuran melalui PDAM.

Selain meninjau fasilitasi pengolahan air, Komisi IV juga meninjau sumber air  sungai Citarum yang menjadi bahan baku pengolahan air bersih tersebut, yang mengalir dibelakang kantor PDAM di dekat danau Cipule Karawang.

Saat ini, masyarakat di desa Kutanagara serta Mulyasari sudah menikmati air bersih tersebut, sementara untuk desa Mulya Sejati fasilitasnya masih beruba keran air umum.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah Provinsi Jawa Barat  dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta  di bawah koordinasi Kementerian Pekerjaan Umum tahun 2014 lalu menandatangani kesepakatan bersama dan perjanjian kerja sama untuk pengembangan sistem penyediaan air minum (SPAM) Jatiluhur untuk wilayah Jakarta, Bekasi, dan Karawang.

 

Bagikan
Berita Terkait
Pimpinan DPRD
Informasi Sekretariat
Agenda
Twitter
Facebook