DPRD Meminta Pemprop Jabar Optimalkan Rutilahu Di Desa Ciranjang

Tanggal 16 Mar 2015 08:57 WIB
Rutilahu di Ciranjang tidak didukung partisipasi masyarakat

DPRD Jawa Barat menyayangkan kurangnya partisipasi masyarakat atau stakeholder dalam mendukung program pemerintah untuk pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) di kawasan Desa Ciranjang, Kecamatan Ciranjang. Dengan mengucurkan anggaran sebesar Rp 10 juta per unit, diharapkan anggaran tersebut dapat memancing donatur lainnya untuk bersama-sama membangun rutilahu bagi masyarakat.

Anggota Komisi I DPRD Jabar, H. Saepudin Zukhri, SH  mengatakan, sebagai wakil rakyat sepatutnya untuk mengawasi kinerja pemerintah dalam melaksanakan program yang telah direncanakan. Karena itu,  DPRD mendukung program tersebut tentunya dengan dukungan partisipasi masyarakat harus dilakukan secara maksimal. Sehingga program rutilahu dapat terealisasi dengan lancar.

“Dengan dana sebesar itu seharusnya menjadi pemicu bagi pihak lain untuk berpartisipasi lebih maksimal,” ujar Sapudin di Desa Ciranjang, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur, Jumat (13/3/2015).

Saepudin melanjutkan, setiap program pemerintah tentu tidak terlepas dari berbagai kendala, termasuk dalam pengajuan rutilahu disetiap desa. Bahkan, pengajuan rutilahu bukan dilihat dari layak dan tidaknya dari penerima bantuan. Tetapi harus melalui mekanisme yang benar dan dapat dipertanggungjawabkan.    

Hal serupa diungkapkan Anggota Komisi I lainnya, Hj Ganiwati, SH. MM. Menurut dia, kurangnya partisipasi aktif masyarakat menjadi tanggung jawab pemerintah hingga ke tingkat desa untuk mendorong pentingnya dukungan program pemerintah tersebut. Sehingga, anggaran yang terbatas itu bisa dimaksimalkan dengan mengupayakan peran serta masyarakat sekitar.

“Peran kepala desa sangat penting untuk mendorong warganya untuk membantu program ini,” ujar Ganiwati.

Dia menambahkan, upaya itu dapat dilakukan melalui tokoh masyarakat dan pemerintah setempat untuk mendata dan menentukan layak dan tidak bagi penerima bantuan. Termasuk bagi anggota dewan yang memiliki konstituen di daerah pemilihannya. Dengan demikian, rutilahu dapat terwujud sesuai dengan yang diharapkan pemerintah.

Sementara itu, Kepala Desa Ciranjang, Dading Supriatna mengatakan, bantuan untuk rutilahu tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat. Selain bentuk kepedulian dari pemerintah, juga menjadi pemicu bagi pihak terkait untuk mendukung pembangunan rutilahu tersebut. Namun demikian, menurunnya rasa kebersamaan dan kepedulian terhadap sesama memicu kurang aktifnya masyarakat dalam mendukung program pemerintah tersebut.

“Sangat bermanfaat khususnya bagi warga desa ini (Ciranjang-red) namun masih belum optimal partisipasi masyarakatnya,” ujar Dading.  

Dia mengharapkan, bantuan dan dukungan DPRD Jabar dalam yang berfungsi sebagai pengawasan dapat dioptimalkan. Sehingga, bantuan pemerintah tersebut menjadi tepat sasaran yang akan dirasakan manfaatnya terutama bagi masyarakat penerima bantuan rutilahu.

Bagikan
Berita Terkait
Pimpinan DPRD
Informasi Sekretariat
Agenda
Twitter
Facebook