BEM se-Jabar Desak DPRD Jabar Sampaikan Aspirasi Kepada Presiden

Tanggal 16 Mar 2015 14:37 WIB
Anggota Komisi V Ikhwan Fauzy berorasi di depan Gedung DPRD saat menerima aspirasi BEM se-Jabar

Puluhan Massa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Se-Jabar menyampaikan Surat Peringatan I kepada Presiden Joko Widodo atas pelanggaran kebijakan yang bertentangan dengan rakyat. Pasalnya, hal itu dipicu dengan melonjaknya harga kebutuhan pokok dan masih mendominasinya beras impor. Karena itu, gabungan BEM dari berbagai perguruan tinggi di Jabar tersebut memberikan catatan kepada DPRD Jabar agar berkenan menyampaikan dan mengaspirasikan dari suara rakyat.

Isi pesan dalam SP I tersebut diantaranya menyesalkan pemerintahan Jokowi yang tidak berpihak kepada rakyat.  Selain itu, BEM Se-jabar menuntut agar pemerintahan Jokowi agar mengembalikan subsidi BBM seperti yang diamanatkan sesuai janji kampanye, menurunkan dan menyeimbangkan harga sembako, menasdionalisasi asset bangsa, bertindak tegas secara hukum bagi koruptor dan membela pada kepentingan rakyat.

Sementara itu, aksi demonstrasi tersebut disambut anggota DPRD Jabar Asep Wahyu Hidayat dari Fraksi Demokrat, Yunandar Eka Prawira dan Ikhwan Fauzy dari Fraksi PDI-P, dan Satori dari PKS.

Menurut Ikhwan, kebijakan yang berkaitan dengan kenaikan sejumlah harga bahan-bahan pokok bukan kewenangan dan kebijakan daerah tetapi kebijakan pusat. Sehingga hal itu tidak bisa serta merta ditunjukan secara tendensius kepada semua kinerja anggota dewan. Selain itu, pihaknya pun terbebani dengan kebijakan tersebut sehingga berdampak pada daerah.

“soal kenaikan harga itu kebijakan pusat,” singkat Ikhwan di hadapan BEM Se-Jabar di depan Gedung DPRD Jabar, Jalan Diponegoro no. 27, Kota Bandung, Senin (16/3/2015)

Sementara itu, Asep Wahyu Wijaya mengatakan, kebijakan ini tentu melukai rakyat. Namun tidak juga begitu saja pemerintah menaikan atau mengendalikan harga sembako. Hal itu tentu ada alasan yang melatarbelakangi untuk mengambil langkah tersebut. Karena itu, pihakbya bersama-sama dengan masyarakat khususnya para mahasiswa sebagai kalangan terpelajar dan intelektual untuk mengaawasi jalannnya pemerintahan dan bertanggung jawab bagi rakyat Indonesia.

“Sebagai kalangan intelektual, mari sama-sama untuk mengawal pemerintah dalam menjalankan kinerja,” tandas Asep.   

Bagikan
Berita Terkait
Pimpinan DPRD
Informasi Sekretariat
Agenda
Twitter
Facebook