DPRD Jabar Dorong Percepatan Pembangunan Venue PON XIX di Kabupaten Bandung

Tanggal 23 Feb 2015 08:27 WIB
Sekretaris Komisi IV DPRD Jabar, Nia Purnakania saat menyerahkan cenderamata pada kunjungan ke Kab.

DPRD Jabar mendorong percepatan pembangunan dan fasilitas penunjang penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di wilayah Kabupaten Bandung. Khususnya bagi cabang olahraga (cabor) Sepak Bola dan kawasan olah raga terpadu Hall Ciganitri. Alokasi anggaran yang mencapai Rp17,5 miliar ditambah dari pemprop aJabar sebesar Rp 5 miliar.

Sekretaris Komisi IV DPRD Jabar, Nia Puwakania mengatakan, proyek pembangunan venue untuk cabor yang dipertandingkan di PON XIX harus diawasi dengan ketat. Selain menggunakan APBD, juga untuk menyukseskan penyelenggaraan kegiatan agar berjalan dengan baik. Hal itu berkaitan dengan amanat masyarakat jabar yang berkesempatan menjadi tuan rumah dalam kegiatan olahraga di tingkat nasional.

“Sebagai tuan rumah pada PON 2016 mendatang, pembangunannya harus mendapat pengawasan yang ketat, “ ujar Nia saat melaksanakan kunjungan kerja di Kabupaten Bandung.

Nia melanjutkan, alokasi kegiatan yang menghabiskan anggaran sebesar Rp36 miliar tersebut harus terserap dengan baik di APBD. Pasalnya, dampak dari penyelenggaraan PON tersebut berpengaruh pada perekonomian masyarakat Kabupaten Bandung pada umumnya.

Anggota Komisi IV DPRD Jabar lainnya, Yod Mintaraga mengatakan, penyelenggaraan PON tersebut sebagai suksesi bagi masyarakat Jabar. Hal itu bergantung pada penyelenggara pemerintah sejauhmana kesiapannya dalam mewujudkan dan membantu penyelenggaraan PON. Karena itu, dari sekian banyak cabor di Kabupaten Bandung, bagaimana persiapan yang dilaksanakan pemerintah daerah Kabupaten Bandung dalam suksesi PON XIX mendatang.

“Sejauhmana kesiapan dari infrastruktur maupun lahan yang tersedia,” ucap Yod.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Akhmad Djohara mengatakan, total lahan yang disiapkan untuk penyelenggaraan PON XIX sebanyak 120 hektar. Lahan tersebut tersebar di wilayah Kabupaten Bandung yang terintegrasi antar cabor dengan cabor lainnya. Selain itu, beberapa cabor terpusat penyelenggaraanya dalam satu wilayah yakni Hall Ciganitri yang meliputi cabor hoki, softball, terjun payung dan tenis meja.

“Semua lahan ini sebagian besar masih dalam tahapan pembebasan dan ada yang sudah di bangun,” ujar Akhmad.

Bupati Bandung, Dadang Naser mengatakan, dengan adanya stadion Si Jalak Harupat menjadi salah satu venue kebanggaan Kabupaten Bandung. Terlebih Jabar mendapatkan kesempatan untuk menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan PON XIX. Karena itu, dukungan dari DPRD Jabar untuk penyelenggaraan olahraga empat tahunan tersebut sangat berarti khususnya bagi Kabupaten Bandung. Kendati demikian, upaya menyukseskan kegiatan tersebut tidak serta merta berjalan mulus dalam pelaksanaannya .

“Untuk itu, dukungan moril maupun materil dari anggota dewan sangat penting,” tandas Dadang.     

Bagikan
Berita Terkait
Pimpinan DPRD
Informasi Sekretariat
Agenda
Twitter
Facebook