DPRD Jabar Dorong Percepatan Pembangunan Venue di KBB

Tanggal 20 Feb 2015 13:06 WIB
Wakil Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat, Daddy Rohanady

DPRD Jabar mendorong percepatan pembangunan venue dan fasilitas penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB). Selain itu, pengerjaan proyek beberapa pembangunan venue cabang olahraga harus mendapatkan pengawasan yang ketat. Beberapa lokasi tersebar untuk berbagai cabor, cabor berkuda direncanakan berlokasi  Pusat Pendidikan Kavaleri (Pusdikav) Parongpong. Cabor Ski air di kawasan Saguling, cabor gantole di Desa Singajaya, Cililin dan venue tambahan sesuai dengan SK Gubernur Jabar untuk cabor Olahraga sepeda.

Wakil Ketua Komisi IV, Dadi Rohanandy mengatakan, pihaknya mendorong wilayah KBB dalam mendapatkan amanat pemerintah untuk menyukseskan penyelenggaraan PON XIX. Dari lima venue penyelenggaraan, sampai sejauh mana perkembangan yang dilakukan KBB dalam menyiapkan venue tersebut. Pasalnya, hal itu berkaitan dengan program bantuan dan realiasasi Tahun Anggaran 2015.

“Sehingga kita harus kawal progress report  (laporan perkembangan-red) proyek pembangunan venue ini sampai sejauhmana,” ujar Dady di Pemda KBB, Jalan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat.

Di tempat yang sama, anggota lainnya, Lucky Lukmansyah menyebutkan, alokasi anggaran pembangunan venue di wilayah KBB harus berdasarkan kebutuhan dasar dari pembangunan itu sendiri. Pasalnya, hal itu dikhawatirkan berpotensi adanya kepentingan sebagian golongan dalam memanfaatkan program pemerintah. Sehingga faktor kebutuhan dasar tersebut sangat penting.

“Jangan sampai alokasi anggaran ini ternyata ada kepentingan dan bukan berdasarkan kebutuhan,” tegas Lucky.

Bupati Bandung Barat, Abu Bakar mengatakan, dari beberapa kabupaten/kota di Jabar, KBB masih tergolong wilayah pemerintahan baru dan Pendapatan Asli Daerah (PAD)nya pun masih belum optimal. Namun ada kebanggaan tersendiri setelah mendapatkan kepercayaan dari Pemprov Jabar dalam penyelenggaraan PON XIX di Jabar salah satunya di wilayah pemerintahan KBB. Karena itu, apresiasi dan dukungan DPRD Jabar akan menunjang dan membantu untuk realisasi anggaran pembangunan proyek tersebut.

“Ini adalah anugerah atas kepercayaan pemerintah propinsi untuk KBB yang masih terbilang muda,” ujar Abubakar.

Kendati demikian, kata dia, diharapkan dengan adanya penyelenggaraan PON justru dapat meningkatkan PAD yang dihasilkan dari pengunjung PON salah satunya. Sehingga perekonomian masyarakat KBB pun dapat meningkat. Karena itu, dukungan anggota dewan sangat penting.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olah raga (Dispora) KBB, Agustin mengatakan, dari total anggaran perencanaan untuk empat titik pembangunan venue sebesar Rp7,1 milar dari Pemprov Jabar dan baru terealisasi Rp6,5 miliar. Khusus diarea cabor ski air, lahan yang digunakan menginduk pada perusahaan listrik swasta dan akses jalan yang melewati kawasan perumahan elite. Karena itu, harus ada nota kesepahaman agar dalam pelaksanaanya berjalan lancar.

“Secara Keseluruhan, persiapan pembangunan venue ini sudah siapn tinggal menunggu proses lelang dan pembangunan fasilitas pendukung,” ujar Agustin di Pemkab Bandung Barat.   

Bagikan
Berita Terkait
Pimpinan DPRD
Informasi Sekretariat
Agenda
Twitter
Facebook