WJPW Meminta DPRD Jabar Wujudkan Parlemen yang Bersih

Tanggal 30 Jan 2015 09:12 WIB
Dukungan untuk gerakan Parlemen Bersih

Puluhan massa yang tergabung dalam Koalisi Perempuan untuk Parlemen Bersih dan West Java Parliament Watch (WJPW) berorasi di depan Gedung DPRD Provinsi Jawa Barat. Mereka menuntut ketegasan sikap dari DPRD Jawa Barat. Dalam keterangan persnya, massa menginginkan sistem parlemen di Jabar bersih dari segala bentuk kecurangan dan inkonsistensi hukum. Pasalnya, parlemen memiliki posisi penting dalam system ketatanegaraan. Karena itu, segala bentuk Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) mendapatkan pengawasan yang ekstra agar semua fungsi parlemen dalam hal legislasi dan anggaran dapat berjalan dengan baik.

Karena itu, dibutuhkan wakil rakyat yang benar-benar memahami fungsi legislatif. Hal itu berpengaruh pada berjalannya roda pemerintahan yang bersih dan berorientasi pada kesejahteraan maupun kedaulatan rakyat. Sebaliknya, kondisi parlemen yang akhir-akhir ini menjadi sorotan banyak pihak justru praktek KKN masih sering terjadi pada parlemen.

Kordinator WJPW, Irzal Yanuardi mengharapkan, adanya sinergitas antarlembaga untuk terus menegakkan keadilan, termasuk dilingkungan DPRD Jabar. Terlebih lembaga penegak hukum agar kasus KKN dapat segera di selesaikan. Pasalnya, ketidakjelasan bahwa parlemen dapat mewujudkan berbangsa dan bernegara yang baik (Good Government) akan sulit tercapai.

“ini membuktikan ketidakseriusan pemerintah dalam memberantas para mafia anggaran yang berpotensi korupsi,” ujar Irzal di depan Gedung DPRD Jabar, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Kamis (29/1/2015).

Makadari itu, massa memberikan sikap tegas melalui tuntutan secara tertulis yang berisi :

1. Mewujudkan parlemen bersih dari praktek KKN

2. Mendorong DPRD Jabar untuk membenahi diri

3. Mendesak penegak hukum untuk bekerja dengan cepat antarlembaga penegak hukum dan tidak pandang bulu dalam memberantasnya

4. Mendesak Kejaksaan tinggi (Kejati) untuk memproses hukum bagi koruptor

5. Mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam mengawasi kinerja parlemen

Bagikan
Berita Terkait
Pimpinan DPRD
Informasi Sekretariat
Agenda
Twitter
Facebook