PSSI Jabar Harus Lebih Profesional

Tanggal 12 Jan 2015 08:31 WIB
Bangun Sepak Bola Jabar

DPRD Jawa Barat berharap persepakbolaan di Jabar semakin berprestasi dengan dilantiknya pengurus Asosiasi Provinsi Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia Jabar. Pengurus yang baru dilantik Ketua Umum PSSI Johar Arifin ini diharapkan mampu bersikap profesional dalam mengelola persepakbolaan di Jabar.

Ketua Komisi V DPRD Jabar Agus Wellyanto mengatakan, pengurus PSSI Jabar yang baru harus meningkatkan manajemennya semaksimal mungkin. Ini dirasa penting agar sepak bola Jabar semakin berprestasi.

"Terutama dalam pembibitan pemain. Jabar ini banyak warganya, harusnya punya banyak pemain andalan," kata Agus saat dikonfirmasi di Bandung, Minggu (11/1).

Agus menuturkan, sepak bola merupakan olahraga yang paling banyak digemari masyarakat. Sehingga, pengurus PSSI Jabar harus serius dalam menjalankan fungsi organisasi tersebut.

"Harus lebih profesional, terorganisir dengan baik," ucapnya. Lebih lanjut Agus katakan, jelang Pekan Olahraga Nasional XIX/2016, pihaknya berharap PSSI Jabar berperan besar dalam menentukan keberhasilan tim sepak bola PON Jabar.

Bahkan, Agus berharap cabang olahraga tersebut mampu menyumbangkan medali emas bagi kontingen Jabar. "Untuk itu (prestasi), apa pun kita (DPRD Jabar) siap membantu," ucapnya.

Seperti diketahui, pengurus Asosiasi Provinsi Persatuaan Sepak Bola Indonesia Jawa Barat dilantik oleh Ketua Umum PSSI, di Gedung Sate, Bandung, Selasa (6/1). Terbentuknya pengurus tersebut diharapkan bisa membawa prestasi yang lebih baik bagi persepakbolaan Jabar.

Salah satunya membentuk tim sepak bola sebaik mungkin untuk ajang Pekan Olahraga Nasional XIX/2016 di Jabar mendatang. Gubernur Jabar Ahmad Heryawan yang turut menghadiri pelantikan tersebut mengatakan, terbentuknya pengurus Asprov PSSI Jabar menjadi momentum terus berkembanganya sepakbola Jabar.

"Kami berharap dengan dikukuhkannya kepengurusan PSSI, kebangkitan sepakbola di Jawa Barat lebih maju lagi, termasuk persiapan tim sepakbola PON XIX/2016," kata Heryawan. Heryawan menuturkan, kebangkitan sepak bola Jabar diawali dengan berhasilnya Persib meraih juara Liga Super Indonesia 2014 lalu.

"Kemenangan Persib menandai kebangkitan sepak bola di Jabar," ucapnya. Heryawan pun berharap, Jabar mampu menciptakan pemain sepak bola unggul yang bisa menjadi andalan, baik oleh level klub maupun tim nasional.

Terlebih, dengan jumlah penduduk Jabar yang banyak, mencari pemain sepak bola berkualitas dirasa bukan hal yang sulit. Dengan begitu, kata Heryawan, hal ini akan menjadi prestasi yang membanggakan warga Jabar.

"Produk kita itu ada 46 juta orang. Dari jumlah itu pasti ada yang disekolahkan sepak bola dari usia dini. Insha Alloh ke depan kita kelimpahan pemain," ujarnya.

Heryawan menilai, banyaknya pemain hebat akan membuka pintu persaingan dalam memperoleh prestasi. Sehingga, ke depan, tim nasional Indonesia bisa bersaing baik dengan negara lain.

"Yang kita harapkan seperti itu, semakin banyaknya pemain bisa membawa prestasi, baik kancah nasional ataupun internasional," ucapnya. Lebih lanjut Heryawan katakan, berdasarkan hasil voting dari masyarakat, sepak bola menjadi olah raga favorit.

Selain itu, masih berdasarkan voting, olah raga sepak bola mengajarkan sportivitas kerja. "Insha Alloh Jabar kokoh sebagai provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak, di samping prestasi olah raganya yang bagus," pungkasnya.

Di tempat yang sama, Ketua Asprov PSSI Jabar Dudi Sutendi mengatakan, kemajuan sepak bola Jabar atau nasional bisa menjadikan alat pemersatu bangsa. Menurutnya, hal ini sudah dilakukan PSSI sejak terbentuk 80 tahun silam.

"Ini harus dipertahankan. Insha Alloh akan tetap bersatu dan menjadi alat pemersatu bangsa," katanya.

Dia berharap, pengurus Asprov PSSI Jabar terus bersatu demi mewujudkan sepak bola Jabar yang kuat. Dia pun berjanji, di Jabar tidak akan ada lagi dualisme kepengurusan dan akan menjadikan asosiasi yang dipercaya PSSI pusat. "Jangan ragukan totalitas kami dalam melakukan tata kelola organisasi," pungkasnya.

Bagikan
Berita Terkait
Satpol PP Harus Lebih Profesional
04 Mar 2015 08:35 WIB
Pimpinan DPRD
Informasi Sekretariat
Agenda
Twitter
Facebook