Swasta Bisa Bantu Elektrifikasi di Jabar

Tanggal 08 Dec 2014 09:31 WIB

DPRD Jawa Barat mendukung penuh elektrifikasi di seluruh daerah Jabar. Selain berasal dari anggaran pemerintah, dewan pun berharap adanya bantuan pihak lain terkait pemberian layanan listrik kepada warga ini.

Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi mengatakan, perusahaan yang beroperasi di Jabar wajar bila membantu elektrifikasi untuk warga Jabar. Sebagai contoh, perusahaan geothermal atau energi listrik panas bumi yang beroperasi di Jabar harus membantu program kelistrikan Jabar yang hingga saat ini belum mencapai 100 persen.

"Rumah tangga yang dekat dengan sumber energi listrik diharapkan bisa diatasi, terutama di pedesaan," kata Ineu di Gedung DPRD Jabar, Bandung, Jumat (5/12). Terlebih, katanya, Jabar dikenal sebagai sumber energi.

Bahkan, kata Ineu, sudah banyak perusahaan kelistrikan yang beroperasi di Jabar seperti PT Chevron dan Pertamina. "Potensi energi listrik Jabar itu terkenal di tingkat nasional karena mampu memenuhi kebutuhan listrik wilayah Jawa dan Bali," katanya seraya menyebut geothermal yang bisa mengaliri listrik di Jawa Bali ini bisa memenuhi kebutuhan listrik warga Jabar.

Ineu menilai, DPRD Jabar bersama Pemprov Jabar berkomitmen memberikan pelayanan listrik bagi seluruh daerah di Jabar, terlebih bagi daerah di pedesaan. Namun, Ineu mengakui, anggaran yang disiapkan pemerintah untuk elektrifikasi listrik sebesar Rp 100 miliar belum cukup untuk memenuhi kebutuhan seluruh listrik di Jabar.

"Belum 100 persen rumah tangga di Jabar yang teraliri listrik. Makanya, saya berharap program pemerintah itu dapat dibantu oleh perusahaan geothermal dengan memberikan bantuan yang ada kaitannya dengan kelistrikan, sehingga target 100 persen rumah tangga di Jabar teraliri listrik bisa tercapai," katanya

Bagikan
Berita Terkait
Pimpinan DPRD
Informasi Sekretariat
Agenda
Twitter
Facebook